Bank Soal Ujian dan Materi Bahasa Inggris


Admin mengucapkan, "Selamat merayakan Idhul Fitri 1441 H, semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT". Bagi Bapak/Ibu guru yang berminat semua bentuk perangkat pembelajaran, silahkan menghubungi admin via WA: 081997666360, Facebook: Amanda Fariz Mekar Pratama dan Email : mekarfariz@gmail.com. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Materi Prakarya Kelas 8 Bab 4 Tingkat SMP/MTs.


Pada kesempatan ini kami berbagi Ringkasan Materi Prakarya Kelas 8 Semester 1 K13 Tingkat SMP/MTs yaitu Bab 4: Pengolahan Bahan Pangan Serealia, Kacang-kacangan dan Umbi menjadi Makanan atau Minuman

Tujuan pembelajaran Prakarya agar peserta didik memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri dan persiapan para pendidik dalam menghadapi tahun pelajaran baru nantinnya.

Peserta didik merasa bangga terhadap produk yang dihasilkan sendiri dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitar.

Dengan demikian Prakarya merupakan ilmu terapan yang mengaplikasikan berbagai bidang ilmu pengetahuan.

Dampaknya adalah peserta didik mampu menyelesaikan masalah praktis yang secara langsung mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari.

Dalam mata pelajaran Prakarya terdapat empat aspek yaitu Kerajinan, Rekayasa, Budidaya, dan Pengolahan.

Dalam pembelajaran Prakarya ini siswa terbantu dengan adanya gambar dan penugasan. Peserta didik dapat mengeplorasi bahan-bahan yang terdapat di sekitarnya.


PENGOLAHAN
Bab 4: Pengolahan Bahan Pangan Serealia, Kacang-kacangan dan Umbi menjadi Makanan atau Minuman

Di Indonesia tumbuh subur berbagai jenis tanaman pangan. Hal ini perlu kita sykuri sebagai karunia yang tiada tara dari Tuhan Yamng Maha Esa.

Salah satu bentuk syukur kita adalah dengan memanfaatkan hasil produksi dan membudidayakannya.

Tubuh kita sangat membutuhkan nutrisi, karbohidrat, protein dan viramin yang dapat kita peroleh dari tanaman pangan.

Tanaman pangan dikelompokkan menjdai tiga jenis, yaitu serelia, kacang-kacangan, dan tanaman umbi-umbian.

Serelia adalah Jenis tumbuhan padi-padian yang dibudidayakan untuk menghasilkan karbohidrat atau pati. Yang termasuk jenis sereal antara lain beras, jagung, gandum, dan sorgum

Kacang-kacangan adalah bijinya lebih besar daripada sereal. Jenis ini dapat menurunkankadar kolesterol dalam darah. Yang termasuk jenis kacang-kacangan antara lain kacang tanah, hijau, dan kedelai.

Umbi-umbian digunakan sebagai sumber bahan makanan pokok karena memiliki kandungan karbohohidra yang tinggi. Sedangkan jenis umbi antara lain ubi jalar, singkong, talas, dan kentang.

Teknik pengolahan untuk jenis serat, kacang-kacangan dan umbi-umbian sangat berbeda. Ada dua jenis teknik pengolahan yaitu mengolah pangan panas basah dan panas kering.

Yang termasuk teknik mengolah panas basah antara lain dengan cara merebus, menutup bahan pangan. Juga bisa dilakukan merebus sedikit cairan, menggulai, mengukus, mendidihdan teknik mengetim.

Sedangkan teknik mpengolahan pangan panas kering misalnya dengan cara menggoreng, menumis, memanggang dan membakar.

Demikianlah ringkasan materi Prakarya, ingat ini hanya garis besarnya saja. Anda tetap harus membaca Buku Siswa kelas 8 revisi 2017.

Catatan: Bagi Bapak/Ibu yang ingin dikirimkan Perangkat Terbaru Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4, silahkan menghubungi Admin via WA: 081997666360
Labels: GENERAL, MATERIALS

Thanks for reading Materi Prakarya Kelas 8 Bab 4 Tingkat SMP/MTs.. Please share...!

0 Comment for "Materi Prakarya Kelas 8 Bab 4 Tingkat SMP/MTs."

Back To Top