Bank Soal Ujian dan Materi Bahasa Inggris


Admin mengucapkan, "Selamat merayakan Idhul Fitri 1441 H, semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT". Bagi Bapak/Ibu guru yang berminat semua bentuk perangkat pembelajaran, silahkan menghubungi admin via WA: 081997666360, Facebook: Amanda Fariz Mekar Pratama dan Email : mekarfariz@gmail.com. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester Genap Tingkat SMP/MTs Kurikulum 2013.


Selamat datang para peserta didik, pada kesempatan ini kami berbagi Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester GenapTingkat SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tahun Pelajaran 2020/2021.

Materi bahasa Inggris kelas 9 tingkat SMP/MTs ini adalah materi Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 yang dilengkapi contoh soal latihan, soal penilaian harian, dan lain sebagainya.

Tujuannya untuk memudahkan peserta didik dalam mencari materi bahasa Inggris. Selain itu juga, bisa dipelajari dulu di rumah sebelum diajarkan oleh guru.

Adapun Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester Genap Tingkat SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 Tahun Pelajaran 2020/2021:


Second Semester

  • Chapter 7 Sangkuriang
  • Chapter 8 They are made in Indonesia
  • Chapter 9 What is it?
  • Chapter 10 Come and visit us!
  • Chapter 11 You can always come back home
Berikut Penjelasan Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester Genap SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2020/2021:

Chapter 7 Sangkuriang
a. Kompetensi Dasar :

3.7 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait fairy tales, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.7 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait fairy tales.

b. Materi Pokok :

Teks naratif, berbentuk cerita rakyat pendek dan sederhana. Dalam bab ini peserta didik belajar melakukan beberapa kegiatan yang secara wajar terkait dengan cerita rakyat sebagaimana terjadi dalam kehidupan sehari-harinya, antara lain menyimak atau mendengarkan orang bercerita, membaca sendiri untuk hiburan, membacakan kepada orang lain, membahas tentang isi dan pesan moralnya dengan teman-temannya, serta menulis ulang untuk mempublikasikannya di majalah dinding.


Chapter 8 They are made in Indonesia
a. Kompetensi Dasar :

3.8 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya sesuai dengan konteks penggunaannya. (perhatikan unsur kebahasaan passive voice).

4.8 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks (perhatikan unsur kebahasaan passive voice).

b. Materi Pokok :

Dalam bab ini siswa belajar menyatakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang terjadi atau mengenai suatu obyek, dengan tanpa perlu pelakunya disebutkan. Tujuan tersebut dicapai dengan menggunakan kata kerja dalam bentuk kalimat pasif (passive voice).

Tata bahasa tersebut tidak akan dipelajari sebagai aturan atau teori, tetapi diterapkan dalam bentuk kalimat-kalimat yang bermakna dan relevan dengan kebutuhan belajar peserta didik.

c. Contoh Materi :

Chapter 9 What is it?
a. Kompetensi Dasar :

3.9 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks information report lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait mata pelajaran lain di Kelas IX, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.9 Teks Information Report.

4.9.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks information report lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait topik yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas.

4.9.2 Menyusun teks information report lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait topik yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas IX, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.

b. Materi Pokok :

Bab ini memuat materi pokok teks ilmiah faktual (information report), lisan dan tulis, tentang binatang, benda, dan gejala sosial.

Teks information report termasuk dalam jenis teks yang bertujuan memberikan informasi tentang fakta apa adanya secara objektif tentang suatu obyek, tanpa melibatkan pandangan subyektif penulis/pembicaranya. Objek biasanya dipaparkan dengan disebutkan jenisnya dan kemudian diuraikan deskripsi tentang karakteristiknya.

c. Contoh Materi :

Chapter 10 Come and visit us!
a. Kompetensi Dasar :

3.10 Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk iklan dengan memberi dan meminta informasi terkait produk dan jasa, sesuai dengan konteks penggunaannya.

4.10 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk iklan, pendek dan sederhana, terkait produk dan jasa.

b. Materi Pokok :

Bab ini memuat materi pokok berupa teks yang mempromosikan barang dan jasa dalam bentuk iklan pendek dan sederhana. Iklan pada umumnya berupa teks pendek yang diciptakan oleh tim kreatif. Tim akan memilih kata-kata serta cara merangkainya menjadi teks yang menarik minat masyarakat untuk membeli barang dan jasa yang ditawarkan.

c. Contoh Materi :

Chapter 11 You can always come back home
a. Kompetensi Dasar :

3.11 Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs.

4.11 Menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMP/MTs.

b. Materi Pokok :

Bab ini memuat materi pokok lagu lama yang sangat terkenal, 93 million miles. Kemampuan ini dapat meningkatkan kecerdasan sosial peserta didik, terutama untuk menunjukkan betapa besar kasih sayang orang tua

kepada anak-anaknya meskipun setelah mereka dewasa. Kesadaran ini akan meningkatkan hormat dan rasa terima kasih kita kepada orang tua.



c. Contoh Materi :


Untuk lebih jelasnya, silahkan download:
BUKU GURU BAHASA INGGRIS KELAS 9 REVISI 2018

Selain itu, kami berbagi Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI, SMP/MTs dan MA/SMA/SMK Tahun Pelajaran 2020/2021.

Berikut gambaran daftar isi Perangkat Buku Kerja Guru 1, 2, 3 dan 4 Tingkat SD/MI, SMP/MTs dan MA/SMA/SMK Tahun Pelajaran 2020/2021:
A. BUKU KERJA GURU 1
  1. SKL, KI dan KD
  2. Silabus
  3. RPP
  4. KKM
B. BUKU KERJA GURU 2
  1. Kode Etik Guru
  2. Ikrar Guru
  3. Tata Tertib Guru
  4. Pembiasaan Guru
  5. Kalender Pendidikan
  6. Analisis Alokasi Waktu
  7. Program Tahunan
  8. Program Semester
  9. Jurnal Agenda Guru
C. BUKU KERJA GURU 3
  1. Daftar Hadir Siswa
  2. Daftar Nilai Siswa
  3. Penilaian Sikap Spritual dan Sosial
  4. Analisis Hasil Penilaian
  5. Program Remidial dan Pengayaan
  6. Daftar Buku Pegangan Guru dan Siswa
  7. Jadwal Mengajar Guru
  8. Daya Serap Siswa
  9. Kumpulan Kisi-Kisi Soal
  10. Kumpulan Soal
  11. Analisis Butir Soal
  12. Perbaikan Soal
D. BUKU KERJA GURU 4
  1. Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
  2. Program Tindak Lanjut Kerja Guru
    Download juga:
    Demikian, semoga bermanfaat dalam dunia pendidikan.  
    Labels: GRADE IX, MATERIALS

    Thanks for reading Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester Genap Tingkat SMP/MTs Kurikulum 2013.. Please share...!

    0 Comment for "Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester Genap Tingkat SMP/MTs Kurikulum 2013."

    Back To Top