Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar.Silabus berisikan komponen pokok yang dapat menjawab pertanyaan berikut:
- Kompetensi yang akan ditanamkan kepada peserta didik melalui suatu kegiatan pembelajaran
- kegiatan yang harus dilakukan untuk menanamkan / membentuk kompetensi tersebut
- upaya yang harus dilakukan untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki peserta didik
Diantara latar belakang langkah-langkah pengembangan silabus secara umum di satuan pendidikan;
Belum melakukan kajian standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran sebagaimana tercantum pada standar isi.
Dalam merumuskan indikator kurang memperhatikan penggunaan kata kerja operasional (KKO) yang harus dimulai dari tingkatan berpikir mudah ke sukar, sederhana ke kompleks, dekat ke jauh, dan dari konkrit ke abstrak, sehingga kata kerja operasional pada KD belum terwakili dan teruji akurasinya pada deskripsi yang ada di kata kerja operasional indikator.
- Mengkaji Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
- Merumuskan indikator pencapaian kompetensi
- Mengidentifikasi materi pembelajaran
- Mengembangkan kegiatan pembelajaran
- Menentukan jenis penilaian
- Menentukan alokasi waktu
- Menentukan sumber belajar
Untuk lebih praktisnya, berikut filenya berbentuk Power Point. Silahkan klik... disini.
Demikian, semoga bermanfaat.
Labels:
LEARNING MEDIA,
SYLLABUS
Thanks for reading Pengertian dan Langkah-Langkah Pengembangan Silabus KTSP.. Please share...!
0 Comment for "Pengertian dan Langkah-Langkah Pengembangan Silabus KTSP."