Bank Soal Ujian dan Materi Bahasa Inggris


Admin mengucapkan, "Selamat merayakan Idhul Fitri 1441 H, semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT". Bagi Bapak/Ibu guru yang berminat semua bentuk perangkat pembelajaran, silahkan menghubungi admin via WA: 081997666360, Facebook: Amanda Fariz Mekar Pratama dan Email : mekarfariz@gmail.com. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Pengertian, Tujuan, Generic Structure dan Contoh Recount Text Dalam Bahasa Inggris.



Selamat datang di blog saya. Semoga kita dalam keadaan sehat untuk mentransfer ilmu kepada peserta didik dan orang lain.  Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang Recount text. Berikut ini penjelasannya.

 

A. Pengertian Recount Text

“Recount” dalam kamus bahasa Inggris berati “menceritakan”, “recount text” berarti “text yang menceritakan”.

Recount text is a text that telling the reader about one story, action or activity (Recount text adalah sebuah teks yang menceritakan tentang suatu cerita, tindakan, atau kegiatan).


Jadi, dapat kita simpulkan bahwa recount text menceritakan suatu kejadian atau pengalaman yang terjadi dimasa lalu contohnya seperti pengalaman Anda berlibur atau suatu pengalaman Anda bertemu artis idola anda. Berbeda dengan narrative text, pada recount text tidak terdapat complication atau conflict masalah.

B. Tujuan Recount Text

      Adapun tujuan recount text adalah sebagai berikut:
  1. To entertain or inform the readers (untuk menghibur dengan menceritakn suatu pengalaman atau kejadian yang terjadi dimasa lalu).
  2. To inform the readers (menginformasikan para pembaca terhadap suatu pengalaman atau kejadian yang terjadi dimasa lalu). 

C. Generic Structure Recount Text

  1. Recount text memiliki susunan atau struktur. Generic Structure recount text terdiri dari:
  2. Orientation: memceritakan mengenai latarbelakang  informasi tentang siapa, di mana, kapan kejadian atau peristiwa terjadi.
  3. Events: menceritakan suatu peristiwa yang terjadi setelahnya diceritakan sesuai urutan kronologis.
  4. Reorientation: berisi rangkuman atau conclusion dari semua kejadian. Pada bagian ini juga berisi pendapat atau kesan penulis tentang kejadian yang diceritakan.

C. Contoh Recount Text


Vacation to The Labuhan Haji Beach

Last week, I and my friends went to the beach after school. We used public transportation. We reached the beach at 4 p.m. The beach was beautiful and clean.

Events:
At the beach, it was fun. We played football in the coast line. After that, we built a castle from sand. In the night, we made bonfire together. We roasted fishes and squites then we ate them. In the midnight, it was time to share our scary stories. One by one, we told our story.

Reorientation:
At the morning, we went home. It was a moment I never forgot.

Lihat...Soal Recount Text

Demikian penjelasan Recount Text: Pengertian, Tujuan, Generic Structure, dan Contohnya Dalam Bahasa Inggris, semoga bermanfaat.  
Labels: CATEGORY, RECOUNT TEXT

Thanks for reading Pengertian, Tujuan, Generic Structure dan Contoh Recount Text Dalam Bahasa Inggris.. Please share...!

0 Comment for "Pengertian, Tujuan, Generic Structure dan Contoh Recount Text Dalam Bahasa Inggris."

Back To Top