Bank Soal Ujian dan Materi Bahasa Inggris


Admin mengucapkan, "Selamat merayakan Idhul Fitri 1441 H, semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT". Bagi Bapak/Ibu guru yang berminat semua bentuk perangkat pembelajaran, silahkan menghubungi admin via WA: 081997666360, Facebook: Amanda Fariz Mekar Pratama dan Email : mekarfariz@gmail.com. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Pengertian Sentence Clause, Macam-macam dan Contohnya dalam Bahasa Inggris.



Selamat datang di blog saya. Semoga kita dalam keadaan sehat untuk mentransfer ilmu kepada peserta didik dan orang lain.  Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang Pengertian Sentence Clause, Macam-macam dan Contoh Dalam Bahasa Inggris. Berikut ini penjelasannya.

 A. Pengertian Clause


Clause adalah kelompok kata yang mengandung subject dan predicate. Clause berupa sentence (dapat berdiri sendiri sebagai suatu kalimat: independent clause) atau seperti sentence (tidak dapat berdiri sendiri: dependent clause) yang berada di dalam complex sentence. 
Contoh Clause: I want some cheece
                       S                  P
                       He is at home
                        S         P
Macam-macam Clause:
1). Independent Clause


Independent clause dapat berdiri sendiri sebagai suatu kalimat. Tipe kalimat yang terdiri dari satu independent clause disebut simple sentence. Klausa ini dapat pula dikombinasikan dengan independent clause yang lain untuk membentuk compound sentence (digabungkan oleh coordinate conjunction: for, and, nor, but, or, yet, so; adverbial conjunction (however, rather, therefore, dll); atau hanya semicolon).

Macam-macam Independent Clause:
1. Simple Sentence
    
Contoh:
  1. The ceremony started at 07.00 a.m. (Upacara mulai jam tujuh pagi).
  2.  She prefer mango to orange. (Dia lebih suka mangga daripada jeruk).

2. Compound Sentence
    
Contoh:
  1. I like that bag, but I have no money. (Saya suka tas itu, tapi saya tidak punya uang).
  2. She’s not bad; rather, she’s very kind. (Dia tidak jahat. Malahan dia sangat baik).
  3. You’ve already finished my task; you can go home early. (Kamu sudah menyelesaikan tugas, jadi kamu bisa pulang lebih cepat).

2). Dependent Clause

Dependent clause mengandung subject dan predicate  namun tidak dapat mengungkapkan suatu pikiran yang utuh karena klausa ini diawali oleh suatu kata (subordinator) yang menyebabkan makna dari klausa tersebut menggantung. 

Klausa ini harus dihubungkan (membentuk complex sentence) atau disatukan dengan independent clause  untuk menjadikannya “make sense” atau dapat dipahami maknanya sebagai kalimat yang utuh. Ada tiga dependent clause dasar, yaitu: noun clause, adjective clause, dan adverbial clause. Penjelasan singkat dan contohnya sebagai berikut.

Macam-macam Dependent Clause:

1. Noun Clause

Klausa ini berfungsi seperti noun atau pronoun (subject, subject complement, object) di dalam suatu kalimat.

Contoh: 

  • That today is my birthday is not right. (Tidak benar bahwa hari ini ulang tahun saya.)

2. Adjective Clause

Adjective clause digunakan bersama independent clause (berperan sebagai main clause) untuk membentuk complex sentence. Adjective clause berperan menerangkan noun atau pronoun pada main clause.

Contoh: 

  • People who chew well may have healthy digestion. (Orang yang mengunyah dengan baik mungkin punya pencernaan yang sehat).

3. Adverbial Clause

Adverbial clause digunakan bersama independent clause (berperan sebagai main clause) untuk membentuk complex sentence. Adverbial clause menerangkan verb, adjective, atau adverb pada main clause.

Contoh: 

  • You were sleeping when she arrived. (Dia tiba ketika kamu sedang tertidur.)
3). Elliptical Clause


Elliptical clause adalah dependent clause yang satu atau lebih elemen penyusunnya dihilangkan karena dianggap sudah dimengerti (understood). Biasanya elemen yang dihilangkan berupa subject dan/atau verb atau relative pronoun.

Contoh Elliptical Clause:

  • When  in love, keep your mind sharp. (Ketika jatuh cinta, jaga pikiranmu tetap tajam.)

Demikian penjelasan Pengertian Sentence Clause, Macam-macam dan Contoh Dalam Bahasa Inggris. Semoga bermanfaat. Jangan lupa dishare..!!! 
Labels: CATEGORY, CLAUSE AND SENTENCE

Thanks for reading Pengertian Sentence Clause, Macam-macam dan Contohnya dalam Bahasa Inggris.. Please share...!

0 Comment for "Pengertian Sentence Clause, Macam-macam dan Contohnya dalam Bahasa Inggris."

Back To Top